Rabu, 11 Juli 2007


Makna Hidup Bersih

Oleh : Rifqi Fauzi

Hadits di atas mengisyaratkan bersih merupakan suatu hal yang sangat penting dalam Islam, sehingga tidak sempurna iman seseorang yang dirinya kotor. Islam mengajarkan umatnya untuk hidup bersih baik ragawi maupun ruhani.

Ada empat hal yang harus diperhatikan sehingga jiwa dan raga senantiasa dalam keadaan bersih. Yang pertama, Islam memerintahkan umat untuk senantiasa menjaga diri dari berbagai macam perbuatan dosa baik besar maupun kecil, sebagaimana firman Allah SWT,''Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan jiwanya, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.''( QS Asy Syams[91]: 9-10).

Kedua, Islam memerintah untuk memperhatikan kebersihan fisik, baik kebersihan badan ataupun pakaian. Allah SWT berfirman: ''Dan pakaianmu sucikanlah...." (QS Al-Muddatstsir [74]: 4-5). Selain bersih, Islampun menganjurkan untuk memakai pakaian yang indah, sebagaimana isyarat Rasulullah SAW dalam sebuah haditsnya, ''Seseorang bertanya bagaimana dengan orang yang suka mengenakan pakaian dan sepatu yang indah-indah?''Rasulullah menjawab, 'Semua ciptaan Allah adalah indah dan Dia menyukai keindahan.'' (HR Muslim).

Ketiga, kebersihan lingkungan pun perlu dipelihara sebagaimana Allah perintahkan Nabi Ibrahim membersihkan lingkungan Baitullah sebelum dipakai untuk berthawaf dan shalat. ''..dan sucikanlah rumah-Ku ini bagi orang-orang yang thawaf, dan orang-orang yang beribadat dan orang-orang yang ruku' dan sujud''' (QS Al-Hajj [22]: 26).

Keempat, Islam memerintahkan untuk memakan makanan yang bersih dan baik bagi tubuh. Alquran menceritakan tentang Ashabul kahfi yang mengutus salah satu temannya untuk mencari makanan yang bersih ke kota. Hal itu menunjukan ciri-ciri kesalehan mereka. (QS Al-Kahfi [18]: 19). Selain bersih, Islam pun memerintahkan untuk memakan makanan yang halal sebagaimana firman-Nya,

"Hai manusia, makanlah yang halal dan baik dan apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan..." (QS. Al-Baqarah [2]: 168). Allah SWT menjanjikan surga bagi mereka yang menjaga kebersihan. ''Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang senantiasa suci dan mereka kekal di dalamnya." (Al-Baqarah [2]: 25). Wallahu a`lam.

Tidak ada komentar: