Rabu, 22 Agustus 2007

Berjabat Tangan


Oleh : Jamalullail Mahfudz

''Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.'' (QS Al-Hujurat [49] : 10).

Suatu ketika seorang bertanya kepada Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah, apabila seorang di antara kami bertemu dengan saudara atau kawannya, apakah ia harus membungkukkan diri?'' Rasulullah menjawab, ''Tidak.'' Orang itu bertanya lagi, ''Apakah ia harus mendekap dan menciumnya?'' Rasulullah kembali menjawab, ''Tidak.'' Lalu orang itu masih bertanya lagi, ''Apakah ia harus memegang tangannya dan menjabatnya?'' Rasulullah menjawab, ''Ya.'' (HR Tirmidzi).

Hadis di atas menganjurkan kaum Muslim untuk saling berjabat tangan atau bersalaman (mushafahah) manakala bertemu saudara atau kawan sesama Muslim, bahkan sesama Muslim yang belum kenal. ''Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu.'' (QS An Nisa [4] : 86).

Rasulullah SAW menjelaskan, bila umatnya saling berjabat tangan ketika bertemu, maka Allah SWT akan memberikan ampunan-Nya. Subhanallah, amalan yang ringan, tapi sungguh berat nilainya di sisi Allah SWT. Seperti dikatakan Al Barra RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, ''Jika dua orang Muslim bertemu kemudian mereka berjabat tangan maka dosa kedua orang tersebut diampuni sebelum keduanya berpisah.'' (HR Abu Daud dan Tirmidzi).

Dengan jabat tangan akan terjalin tali persaudaraan (ukhuwah) di antara umat Islam. Juga akan menepis kesan angkuh, sombong, dan egois. Amalan ini juga akan menangkis rasa permusuhan dan dendam. Dengan begitu, bukan tak mungkin akan terwujud sebuah masyarakat yang damai dan dirahmati Allah SWT.

Oleh karena itu, alangkah indahnya jika amalan berjabat tangan ini menjadi kebiasaan dalam kehidupan umat Islam sehari-hari. Ketika bertemu di lingkungan tempat tinggal, di kantor, di pasar, di sekolah, atau di rumah dengan istri dan anak, kaum Muslim menyampaikan salam dan kemudian berjabat tangan. Insya Allah, sesama umat Islam akan hidup dengan kasih sayang dan Allah SWT akan selalu menurunkan rahmat-Nya.

Tidak ada komentar: